Jumat, 25 November 2011

Pengantar Jaringan Komputer





1.  Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/Data
berdasarkan distribusi sumber informasi/data jaringan komputer dibedakan menjadi dua, yaitu:
a. Jaringan terpusat/berbasis induk (Hot based network)
jaringan berbasis induk sering disebut dengan jaringan berbagi waktu (time sharing network) karena beberapa pengguna dapat meminta data atau menjalankan program aplikasi dari komputer induk secara bersamaan.
Karakteristik jaringan terpusat di antara lain:
1) Komputer Induk (host) menyimpan semua data dan program aplikasi serta melaksanakan semua atau hampir seluruh pemprosesan data.
2) Komputer terminal (workstation) hanya berfungsi sebagai perantara bagi pemakai unuk mengakses induk pada saat mengakses infomasi atau menjalankan program aplikasi.
3) Terminal pada jaringan berbasis induk dapat berupa terminal bisu (dumb terminal) yang tidak memiliki prosesor sendiri sampai terminal cerdas yang memiliki prosesor (CPU) sendiri dapat melakukan pekerjaan tanpa bantuan komputer induk.
b. Jaringan terdistribusi (Distribusion network)
secara sederhana, sebuah jaringan terdistribusi dapat terbentuk dari pengagabungan beberapa jaringan berbasis induk.  Dewasa ini kecenderungan tipe jaringan yang digunakan perusahaan adalah tipe jaringan induk.
2. Berdasarkan Jangkauan Wilayah Geografis.
Menurut jangkauan wilayah geografis jaringan komputer dibedakan menjadi tiga, yaitu:
a. LAN (Local Area Network)
LAN merupakan jaringan komputer yang memiliki jaringan lokal, biasanya digunakan dalam gedung atau kompleks bangunan dengan jarak maksimal 10 Km.
b. MAN ( Metropolitan Area Network)
MAN merupakan jaringan yang menguhubungkan komputer antar gedung di dalam wilayah satu kota dengan jarak maksimal antara 10 – 50 km.
c. WAN (WIde Area Network)
Jaringan Ini memiliki modus yang sangat luas yaitu antar pulau, antar dunia, melewati batas geografis antar negara dan bersifat universal.
3. Berdasarkan Peranan dan Hubungan tiap komputert dan Proses Pertukaran Data
Menurut peranan dan hubungan masing-masing komputer dalam proses komunikasi data, jaringan komputer dibedakan menjadi dua, yaitu:
a. Jaringan client server
Merupakan jaringan yang memisahkan komputer client dan komputer server.
b. Jaringan peer to peer
Dalam jaringan peer to peer setiap komputer dapat bertindak sebagai client sekaligus server dan mempunyai fungsi yang sepadan.
Topologi Jaringan Komputer
1. Topologi Bus
2. Topologi Ring
3. Topologi Star
Diambil dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar